Islam KTP, Apa kata Ulama sedunia?

Fenomena Islam KTP udah ada dari dulu. Istilah ini digunakan untuk orang yang mengaku Islam tapi tidak melaksanakan sholat (sholat wajib, red). Bagi mereka yang seperti itu maka dijuluki sebagai Islam KTP, yang artinya Islam cuma tertulis sebagai agama yang dianut di KTP saja namun prakteknya enggak. Benarkah mereka Islam? Ulama sedunia sepakat dan tidak terjadi perbedaan pendapat bahwa orang yang tidak sholat sama dengan kafir. So, hukum-hukum untuk orang kafir mengenai dirinya. Seperti mereka kekal di neraka, kita dilarang mendoakan mereka jika mereka meninggal dunia nanti, Klo meninggal dunia g boleh disholati dan sebagainya kecuali mereka bertaubat dan kembali melaksanakan sholat. Astagfirullah, sungguh merugi sekali mereka. Merasa Islam tetapi sebenarnya bukan. Berikut cuplikan dalil yang menjadi dasar para Ulama kenapa orang tidak sholat dianggap kafir :

Dan dirikanlah shalat dan janganlah menjadi orang-orang musyrik (QS. Ar-Rum: 31)

Dari Jabir bin Abdullah ra dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ’Sesungguhnya (pemisah) antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah dengan meninggalkan shalat’” (HR. Muslim dan At-Turmudzi)

Dari Buraidah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat, maka barangsiapa yang meninggalkan maka dia telah kafir.”

Karena itulah kalau mengaku beragama Islam ya kudu sholat atuh. Sholatlah dengan semangat bukan malas-malasan apalagi terpaksa. Sholatlah karena mengharap ridho-Nya bukan karena malu dilihat orang karena g sholat. Jangan sampai ciri-ciri orang munafik ada dalam diri kita!

Di antara sifat orang munafik adalah bermalas-malasan dalam mengerjakan shalat. Allah Ta’ala berfirman, “Dan tidaklah mereka mendatangi shalat kecuali dengan malas” (QS. At-Taubah: 54).

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An-Nisa’ : 142).

Dari Anas bin Malik ra berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Demikian itu shalat orang-orang munafik, demikian itu shalat orang-orang munafik, demikian itu shalat orang-orang munafik. Duduk salah satu dari mereka hingga matahari menguning, dan berada di antara dua tanduk setan. Maka kemudian mereka mendirikan (shalat) seperti mematuk-matuk sebanyak empat rakaat dan tidak menyebut Allah di dalamnya kecuali sangat sedikit’ ” (HR. Muslim dan Abu Dawud).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik daripada shalat Shubuh dan shalat Isya, dan seandainya mereka mengetahui apa yang terkandung pada keduanya, tentulah mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak” (HR. Al-Bukhari, kitab Al-Adzan 657, Muslim, kitab Al-Masajid 252-651)

Akhir kata, jangan lupa sholat dan bersemangatlah!!(Fie)

NB: Agar sholat kita tidak percuma dan diterima Allah SWT, wudhu dan sholatnya haruslah sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, suri tauladan kita. Bisa didownload di Kajian.Net. Search aja dengan keyword wudhu & sholat. Selamat menabung bekal di akherat!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s